4 January 2017, Bupati Ketapang Martin Rantan SH melantik dan mengambil sumpah jabatan Pejabat Pimpinan tinggi Pratama eselon II a Sekretaris Daerah Drs H M Mansyur M,Si, yang berlangsung di Pendopo Bupati Ketapang, Selasa pagi, (3/1)

Sekretaris Daerah merupakan jabatan karir tertinggi bagi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS), dalam pola karir di Daerah “ Pak Mansyur di lantik menjadi Sekretaris daerah tiga kali ini luar biasa, dan luar biasa juga tugas dan tanggung jawab tugas yang telah dilaksanakan pak Manysur sebagai Sekda “ kata Bupati Martin Rantan,SH.
Bupati menyebutkan tugas tugas berat yang diemban Sekretarias Daerah, seperti menyelesaikan tugas berat akhir tahun adalah sebagai ketua tim anggaran Pemerintah Daerah (TAPD), sesudah itu sebagai ketua Pansel open building atau lelang jabatan dan sebagai Ketua baperjakat.
“ Proses lelang jabatan yang dilakukan sudah mengikuti dan mendapatkan rekomendasi adri ASN di Jakarta supaya tidak salah “ terang Bupati.
Terhadap Sekda Drs HM Mansyur.M.Si, Bupati menilai figur yang pernah menjadi guru tersebut memiliki tipe kepemimpinan paternalistis yaitu kepemimpinan dengan wajah ke-bapaan.
“ segala tugas keadminitrasian Pemerintahan keuangan dan personil simpulnya ada pada kesekretariat Daerah “ tegas Bupati.
Bupati berharap Kepala Badan Kepala Dinas Asisten dan seluruhnya harus dapat berkoordinasi yang baik dengan Sekda Drs HM Mansyur.

Sebanyak 29 orang pejabat tinggi pratama eselon II b setingkat Kepala SKPD dan sebanyak 152 orang pejabat Administrator eselon III setingkat Camat atau Kepala Bagian secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Martin Rantan SH di pendopo Bupati Ketapang, Selasa siang (03/1)

Bupati Martin Rantan SH dalam sambutannya mengucapkan selamat dan sukses kepada para pejabat yang dilantik, “ pelantikan pada hari ini tentunya sangat membahagiakan kepada Bapak Ibu yang bercita cita pada tempat tersebut “ kata Bupati Martin Rantan.
menurut Bupati seluruh jabatan yang diputuskan telah melalui pertimbangkan baperjakat dengan melalui proses penelitian serta rekam jejak terhadap pejabat terhadap personil yang dipromosikan atau yang tidak, meskipun ada juga tentunya ada sesuatu yang menggajal bagi mereka yang tidak masuk dalam jabatan yang dilantik.
“ sebagai abdi negara ditugaskan dimanapun sanggup, ditugaskan dimanapun siap “ tegas Bupati.
Kepada pejabat yang dilantik Bupati berpesan yang pertama harus meguasai visi dan misi visi Ketapang maju menuju masyarakat sejahtera dan hal tersebut tidak bisa ditawar tawar.
“ visi misi ini sudah masuk didalam Perda RPJMD didalam RPJMD ini lengkap seluruh program aksi atau misi “ jelas Bupati.

Selain itu Bupati berharap kepada SKPD jangan mencampuri tugas dan urusan yang bukan tupoksi SKPD yang lain, demikian juga dengan unit kerja yang lain,
‘ kecuali kita melakukan rapat kerja dan diminta untuk memberikan saran dan pendapat dan kita wajib mengingatkan teman teman kita ketika mulai lupa dengan tupoksi masing maasing “ tegas Bupati.
Bupati juga mengingatkan supaya SKPD yang baru dilantik agar segera melakukan serah terima aset daerah didipergunakan selama menjabat,
“ Misalnya ada kendaraan, atau meja dikantor yang dibeli dengan APBD jangan dibawa pindah juga “ kata Bupati.
Kedepan Bupati Martin Rantan memberikan waktu kepada SKPD yang baru dilantik untuk bekerja secara maksimal, apa bila dinilai Bupati masih ada SKPD yang kinerjanya lamban maka setelah enam bulan Bupati meminta Baperjakat untuk mempertimbangkan kembali terhadap jabatan SKPD tersebut. #humasketapang