Senin 03 April 2017 Bertempat di hhalaman kantor bupati ketapang dilaksanakan apel pengarahan seluruh tenaga kontrak non pns yang telah disaring melalui tes tertulis maupun wawancara dilingkungan pemerintah daerah Kabupaten Ketapang.Pengarahan dipimpin langsung oleh Bupati Ketapang Martin Rantan, SH dan dihadiri oleh kepala dinas dan instansi yang ada di Kabupaten Ketapang.
Dalam pengarahannya Bupati Menekankan agar tenaga Kontrak non PNS yang telah lulus pertama-tama harus memahami visi dan misi kabupaten ketapang, yaitu:
Ketapang Yang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera dan misi
1. Melaksanakan Kepemerintahan yang baik;
2. Meningkatkan Infrastruktur Daerah;
3. Meningkatkan Perekonomian Masyarakat;
4. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia;
5. Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa;
6. Meningkatkan Pengelolaan dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam di Kabupaten Ketapang.
Karena Visi dan Misi ini merupakan peraturan daerah tentang RPJP, kemudian tugas dari tenaga kontrak non PNS adalah memabantu pns dalam kegiatan dinas dimana ditempatkan,terutama membantu dalam pelayanan publik.Dan sebagai tenaga kontrak non PNS harus mentaati peraturan yang ada di Pemkab Ketapang yang nantinya akan di sebutakan dalam surat perjanjian kerja yang akan diserahkan langsung pada dinas dan instansi dimana tenaga kontrak non PNS tersebut ditempatkan.Bagi yang tidak hadir tanpa keterangan maka akan diputus kontrak kerja pada Pemerintah Kabupaten Ketapang.
Penataan tenaga kontrak non pns ini merupakan bagian dari visi dan misi Kabupaten Ketapang, yaitu Melaksanakan kepemerintahan yang baik. Dimulai dari menata Pejabat eselon dua, eselon tiga dan eselon empat serta menata para staf PNS dilingkungan pemerintah ketapang dan untuk sekarang ini menata tenaga kontrak non pns.
Diharapkan juga agar tenaga kontrak non pns turut mensosialisasikan Pemerintah Ketapang akan meningkatkan infrastruktur ,meningkatkan ekeonomi dan mengembangkan sumberdaya di Kabupaten Ketapang.Untuk yang dari Kecamatan diharapkan dapat membantu pengembangan dimasyarakat desa dan lembaga desa. Dan yang terakhir dalam pengarahannya Beliau menyampaikan tentang bagaimana  peningkatan dan pengelolaan sumber daya alam , dengan tetap memperhatikan lingkungan hidup dikabupaten ketapang