Kamis 27 April 2017, Bertempat di desa Istana Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang dilaksanakan kegiatan peletakan batu pertama dalam rangka pembangunan PKS (Pabrik Kelapa Sawit). Pelaksanaan acara tersebut dihadiri oleh Bupati Ketapang Bapak Martin Rantan, SH dan di hadiri pula oleh Kepala Dinas,Kepala Badan,Camat dan Anggota Muspika Kecamatan Sandai,ketua DAD dan MABM Kec. Sandai, pemuka agama dan tokoh masyarakat serta pimpinan perusahaan PT. Lanang Agro Bersatu (Sampoerna Agro Bersatu).
Bupati Ketapang Martin Rantan,SH atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terimakasih kepada pihak perusahaan PT. Lanang Agro Bersatu dalam membantu
Pemerintah Kabupaten Ketapang membangun kekuatan ekonomi dan mensejahterakan masyarakat,khususnya di Kecamatan Sandai dan pada umumnya Kabupaten Ketapang.
Kegiatan peletakan batu pertama ini juga membuktikan kondisi iklim investasi dibidang perkebunan di Kabupaten Ketapang yang kondusif. Sehingga diharapkan komoditi perkebunan mampu bertahan dan menjadi tumpuan kekuatan ekonomi nasional.
Dan ini sangat sesuai dengan visi Bupati Ketapang yaitu : Ketapang yang maju menuju masyarakat sejahtera.

Untuk di Kabupaten Ketapang sendiri produksi kelapa sawit berjumlah 1.179.366,88 Ton TBS, 67.815,13 Ton Kernel dan 307.521,40 Ton CPO.
Kemudian dalam sambutannya Bupati Ketapang, Martin Rantan,SH berpesan kepada masyarakat bahwa untuk dapat membangun daerah,kita memerlukan situasi dan kondisi yang kondusif.Untuk itu jadikanlah daerah kita ini daerah yang aman, tenang dan nyaman bagi kita semua,sehingga nantinya terwujud masyarakat Ketapang yang beriman,sehat,cerdas,aman,berbudaya dan sejahtera.

Kepada PT. Lanang Agro Bersatu,Beliau berpesan Dalam Pembangunan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) diharapkan agar perusaan mampu meningkatkan produktivitas kebun serta sekaligus membantu Pemerintah dalam peningkatan penyerapan tenaga kerja di Sekitar PKS, menerapkan prinsip Good Agricultural Practise (GAP) terutama dalam penggunaan faktor produksi secara efektif dan efisien serta menekan biaya produksi sekaligus meningkatkan produktivitas perkebunan dan Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang sedang dibangun.Terakhir pesan Beliau Agar PT. Lanang Agro Bersatu mengutamakan kemitraan baik antar sesama produsen kelapa sawit maupun dengan masyarakat sekitar Pabrik Kelapa Sawit (PKS) serta melakukan pembinaan kepada pekebun plasma yang sudah bermitra dengan pihak perusahaan.