Beri Penghormatan, Naga dan Barongsai Kunjungi Kantor Bupati Ketapang

TAHUN  Baru Imlek 2571/2020 Masehi sangat bermakna bagi warga Tionghoa dimanapun berada, termasuk di Kabupaten Ketapang. Perayaan Imlek dan Cap Goh Meh akan disambut suka cita. Tidak hanya warga keturunan Tionghoa, banyak warga Ketapang pun ikut senang dengan perayaan Imlek.

Moment ini, warga bisa menyaksikan atraksi Barongsai dan liuk-liukan replika naga  di tempat umum. Karena itu, usai melaksanakan Ritual Buka Mata di Kelenteng Tua Pek Kong,replika Naga dan Barongsai langsung melanjutkan arak arakan menuju Tugu Tolak Bala, Kantor Bupati Ketapang, dan Kantor pemerintahan lainnya untuk melakukan penghormatan. Berkunjung memberikan penghormatan ke Kantor Bupati Ketapang merupakan kegiatan yang sudah lama berlangsung di Kabupaten Ketapang.

Bagi masyarakat etnis Tionghoa mempercayai kalau replika dari naga dapat memberikan berkah dan menghindari malapetaka. Ritual buka mata dilakukan supaya keamanan dan kesehatan yang tidak tampak juga turut dibersihkan, sehingga selalu dilimpahkan rahmat berupa kesehatan dan keamanan bagi masyarakat. Dalam tradisi, arakan naga harus membuka mata pada hari ke-13 Imlek. Hal ini bertujuan supaya ritual berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan.

Penghormatan 5 Naga dan 5 Barongsai di Kantor Bupati Ketapang, Kamis (06 Februari 2020), langsung dihadiri Bupati Ketapang Martin Rantan SH, M.Sos, Asisten II Setda Ketapang, Drs H.Marwannoor MM, dan pejabat lainnya. Liuk-liukan lincah reflika naga dan barongsai mengiringi bunyi-bunyian dari pemukul tabuhan gendang dan reflika bola dunia menarik perhatian warga yang melintas di Jalan Jenderal Sudirman. Mereka menghentikan sejenak perjalanan mereka hanya untuk menyaksikan atraksi naga dan barongsai.

Demikian juga para aparatur Sipil Negara. Mereka istirahat sejenak dari rutinitas menjalankan pelayanan birokrasi untuk menyaksikan atraksi. Selain menyaksikan dengan mata telanjang, tak sedikit yang mengabadikan moment setahun sekali ini baik dengan foto kamera DSLR maupun dengan kamera android. Melalui teknologi yang sudah digenggaman tangan, wajah-wajah ceria mereka terlihat dari bidikan kamera android baik dalam bentuk foto digital maupun video. Moment mendapat penghormatan dari naga dan barongsai, Bupati Ketapang memberikan angpao kepada naga sebelum mengikuti rapat yang dilaksanakan di Kantor Bupati Ketapang. Usai naga berlalu dan melanjutkan penghormatan ke kantor pemerintah  dan tokoh masyarakat lainnya, Bupati Ketapang bersama kepala OPD dan instansi terkait kemudian masuk ruangan dan melanjutkan rapat.@