ICON+ Audiensi di Dinas Kominfo Ketapang

Icon Plus, anak perusahaan PLN yang bergerak di bidang penyediaan jaringan, jasa dan content telekomunikasi, Jum’at (21 Februari 2020) melakukan audiensi di ruang NOC Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang. Audiensi dihadiri juga Sekretaris Satpol PP Kabupaten Ketapang, Bappeda Ketapang, BPKAD Kabupaten Ketapang dan pejabat struktural di Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang.

Pertemuan dengan ICON plus dipimpin Plt Kadis Kominfo Ketapang yang diwakili Kabid Informatika Kabupaten Ketapang, Muhamad Zuhri S.Kom, MH. Kabid informatika Dinas Kominfo Ketapang mempersilakan Daniel Ferrando Silitonga, Manager ICON plus Kantor perwakilan Pontianak. Didampingi  NadyaAvishina Hadi Account Executive, diterangkan bahwa perusahaan mereka adalah anak perusahaan PT PLN Persero. Perusahaan ini bergerak di bidang penyediaan jaringan, jasa dan content telekomunikasi. Presentasi yang disampaikan terkait kesiapan infrastruktur TIK dan sinergitas dalam rangka digitalisasi pemerintah daerah Kabupaten Ketapang. Presentasi ini terkait dengan penawaran kepada Pemkab Ketapang, termasuk kesiapan jaringan mereka untuk mensuplay kebutuhan internet sampai ke pelosok. Dijelaskan juga kiprah mereka di Kalbar, dalam mendukung smart city implementasi e-goverment yang dikembangkan di beberapa kabupaten/kota di Kalbar.

Paparan selanjutnya disampaikan Nadya Avishina Hadi Account Executive. Diterangkan  solusi layanan jaringan terintegrasi melalui kabel Fiber Optik, yang menghubungkan seluruh OPD Kecamatan dengan kantor Dinas Komunikasi, yang terhubung ke satu gateway akses internet yang secure (firewall/keamanan) dan efisien, kapasitas yang sangat besar (Gbps) akan memudahkan dalam koneksi berbagai aplikasi (e-gov) antar OPD maupun ke masyarakat melalui dua saluran akses internet, yaitu akses yang terjamin (dedicated) dan akses dengan biaya yang kompetitif (Broadband). Paparan yang disampaikan cukup panjang termasuk juga perbandingan pembiayaan dan lain sebagainya.

Kabid informatika Dinas Kominfo Kabupaten Ketapang, M.Zuhri S.Kom MH juga menyambut baik paparan tersebut, dan tentunya menjadi pertimbangan pihaknya untuk dikomunikasikan kembali dengan pimpinan. Selain itu, Kabid Informatika, juga mempersilakan Merli Andika S.Kom menjelaskan strategi serta perencanaan di Kominfo Ketapang.  Kasi PDE, Bidang Informatika Keyapang menjelaskan infrastruktur jaringan yang ada di Dinas Kominfo, termasuk jaringan internet yang diintegrasikan di Kabupaten Ketapang. Demikian juga berbagai kebijakan yang sudah dibangun, sedang dilaksanakan, maupun rencana kedepannya. Dari konsep yang dipaparkan, selanjutnya didiskusikan kelanjutan sekiranya Icon plus hadir dalam mendukung program tersebutlah.

Sambutan positif selanjutnya dipaparkan pihak BPKAD Ketapang maupun Bappeda. mereka mendukung, namun dari paparan yang disampaikan, disarankan agar dipaparkan kembali di hadapan Sekretaris daerah, berikut OPD yang ada di Ketapang. Pihak Icon plus, menyatakan kesiapan mereka untuk hadir kembali menyampaikan paparan dalam pertemuan yang diperluas.@