Penyucian Pusaka Warisan Bugis Ketapang

PENYUCIAN pusaka warisan Bugis dilakkukan Pengurus Daerah Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kabupaten Ketapang belum lama ini.  “Meningkatkan nilai-nilai budaya Bugis kita tingkatkan persatuan dan kesatuan di Kabupaten Ketapang” menjadi tema kegiatan yang dilakukan di Hotel Grand Zuri Ketapang, Rabu (08/ Juli 2020). Kegiatan ini dihadiri sejumlah tokoh Bugis di Kabupaten Ketapang, dan diundang juga Forkopimda Ketapang termasuk Bupati Ketapang.

Suku bugis adalah suku yang mempunyai kemampuan bertualang. Tak hanya dikenal sebagai pelaut, tetapi Bugis  dikenal juga sebagai saudagar yang hebat. Bupati Ketapang berharap Kabupaten Ketapang membuka diri untuk menerima orang Bugis sebagai saudara.”Kita harus bersatu untuk membangun Kabupaten Ketapang sehingga Kabupaten Ketapang ini menjadi Kabupaten yang maju menuju masyarakat sejahtera.”ajak Bupati.
Bupati Ketapang menyampaikan dalam melaksanakkan kegiatan menyuci pusaka, FKOB dihadiri hampir seluruh ketua etnis yang ada di Kabupaten Ketapang.

 Bupati Ketapang berharap FKOB terdaftar  di Kesbangpol Ketapang. Jika terdaftar di Kantor Kesbangpol Kabupaten Ketapang dengan kelengkapan dokumen, maka kedepan Pemkab Ketapang dapat mengalokasikan dana pembinaan untuk koordinasi FKOB. Dengan demikian kedepan dapat dialokasikan rencana  rumah adat. Perkampungan budaya, menjadi salah satu cita-cita Bupati Ketapang bisa diwujudkan di Ketapang. Saat ini dimulai dari Dewan Adat Dayak, Paguyuban Jawa, MABM, Ikatan Keluarga Madura sudah mengusulkan.”Kalau ikon kita yaitu Keraton Matan, sudah tinggal kita pelihara.” Kata Martin Rantan, Bupati Ketapang periode 2016-2021.
Ia menyebutkan Kabupaten Ketapang sudah melakukan upaya untuk membina organisasi etnis dan memfasilitasi beberapa etnis yang ada dalam pembangunan rumah adat. Hal tersebut dilakukan sebagai bagian dari menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Ketapang yang terdiri dari beragam etnis. Termasuk juga korelasi menjaga kedamaian menghadapi Pilkada 2020. Dalam pilkada 2020, Bupati Ketapang berharap  Kabupaten Ketapang tetap damai dengan aman

Perbedaan itu penting. Menurut Bupati, tanpa perbedaan kita tidak ada kerukunan.”Wwalaupun kita berbeda yang paling penting kita jaga keamanaan di Kabupaten Ketapang ini, baik Pilpres, Pilkada, Pemilu, supaya dengan kerukunan kita bisa kompak, kita bisa membangun Ketapang ini hingga menjadi Kabupaten yang maju dan sejahtera,” tuntasnya.**

Sumber: Internet